Rabu, 23 Januari 2013

Gajah, si Hewan Darat Terbesar







 Gajah adalah hewan darat terbesar yang masih ada sampai saat ini. Di antara semua hewan hanya ikan paus yang mampu menyaingi besarnya gajah. Saat ini, gajah terdapat di Afrika, India, Sri Lanka, dan daerah-daerah di sekitar Asia.

Gajah adalah hewan tinggi yang bertubuh dan berkepala besar. Kepalanya memiliki dua ciri khas, yakni belalai yang panjang dan gading. Belalai tidak lain adalah moncong dan bibir atas yang memanjang. Gadingnya merupakan gigi khususnya yang memanjang dan digunakan sebagai senjata atau alat penggali.

Gajah termasuk kelompok mamalia berkuku. Hewan ini dapat digolongkan menjadi dua jenis. Jenis pertama dinamakan Elephas, yang  mencakup gajah di Asia. Jenis kedua dinamakan Loxodonta, yang mencakup gajah di Afrika. Kedua jenis gajah ini berbeda ukuran tubuh dan struktur telinga serta gadingnya. Gajah Afrika lebih besar daripada gajah Asia. Gajah Afrika jantan biasanya mencapai 3 sampai 4 meter dan beratnya 5.000 sampai 7.500 kg.

Belalai gajah adalah organ yang berotot kuat. Belalai ini berfungsi memegang benda. Selain itu, belalai berguna untuk menghisap air. Walaupun demikian, belalai itu sebenarnya digunakan untuk minum. Mula-mula, air dihisap dengan belalainya, kemudian disemprotkan ke dalam mulut gajah.

Belalai gajah juga berguna untuk memasukan makanan ke mulut. Dengan menggunakan organ ini, gajah dapat leluasa memakan tanaman yang ada di tanah atau ranting-ranting dan cabang-cabang lunak dari bagian atas pohon.. Oleh karena itu, gajah sering mengatasi masalah itu dengan cara merobohkan pohon dengan kepalanya.

Sumber: Ilmu Pengetahuan Populer, Widyadara, 1994




Tidak ada komentar:

Posting Komentar