Ihsan Ramadhan Saputra
23210391
4EB12
Etika bisnis
merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini
berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan,
institusi, dan perilaku bisnis.
Contoh
penerapan etika dalam dunia bisnis:
a. Pada saat
menjelang hari raya, para anggota DPR dilarang menerima bingkisan dalam bentuk
apapun (pengendalian diri)
b. Pada saat
ramadhan, pelaku bisnis mengadakan santunan kepada anak yatim (pengenbangan
tanggung jawab sosial)
c. Menciptakan
sebuah perencanaan yang akan digunakan dalam memajukan dunia bisnis kedepannya
(menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan)
d. Menaati
segala peraturan yang telah ditetapkan perusahaan dan menjalankannya dengan
sebaik mungkin (konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah
disepakati bersama).
Lingkungan Bisnis yang Mempengaruhi Perilaku Etika
Tujuan dari
sebuah bisnis kecil adalah untuk tumbuh dan menghasilkan uang. Untuk melakukan
itu, penting bahwa semua karyawan dipapan dan bahwa kinerja mereka dan perilaku
berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Perilaku karyawan, bagaimanpun dapat
dipengaruhi oleh faktor eksternal diluar bisnis. Pemilik usaha kecil perlu
menyadari faktor-faktor dan untuk melihat perubahan perilaku karyawan yang dapat
sinyal masalah.
Budaya
Organisasi
Keseluruhan
budaya perusahaan dampak bagaimana karyawan melakukan diri dengan rekan kerja,
pelanggan dan pemasok. Lebih dari sekedar lingkungan kerja, budaya organisasi
mencakup sikap manajemen terhadap karyawan, rencana pertumbuhan perusahaan dan
otonomi / pemberdayaan yang diberikan kepada karyawan.
Ekonomi
Lokal
Melihat
seorang karyawan dari pekerjaannya dipengaruhi oleh keadaan perekonomian
setempat. Jika pekerjaan yang banyak dan ekonomi booming, karyawan secara
keseluruhan lebih bahagia dan perilaku mereka dan kinerja cermin itu. Disisi
lain, saat-saat yang sulit dan pengangguran yang tinggi, karyawan dapat menjadi
takut dan cemas tentang memegang pekerjaan mereka. Kecemasan ini mengarah pada
kinerja yang lebih rendah dan penyimpangan dalam penilaian.
Reputasi
Perusahaan dalam Komunitas
Persepsi
karyawan tentang bagaimana perusahaan mereka dilihat oleh masyarakat lokal
dapat mempengaruhi perilaku. Jika seorang karyawan menyadari bahwa
perusahaannya dianggap curang atau murah, tindakannya mungkin juga seperti itu.
Ini adalah kasus hidup sampai harapan. Namun, jika perusahaan dipandang sebagai
pilar masyarakat dengan banyak goodwill, karyawan lebih cenderung untuk
menunjukkan perilaku serupa karena pelanggan dan pemasok berharap bahwa dari
mereka.
Kesaling-tergantungan Adalah Bisnis dan Masyarakat
Alam telah
mengajarkan kebijaksanaan tentang betapa hubungan yang harmonis dan
kesalingtergantungan itu amatlah penting. Bumi tempat kita berpijak, masih
setia bekerja sama dan berkolaborasi dalam tim dan secara tim dengan
planet-planet lain, namun penghuninya kebanyakan telah berjalan
sendiri-sendiri. Manusia yang konon khalifah dibumi, merasa sudah tidak
membutuhkan manusia lainnya. Bukanlah saling ketergantungan yang dibina,
melainkan ketergantungan yang terus diusung.
Kesaling-tergantungan
bekerja didasarkan pada relasi kesetaraan, egalitarianisme. Manusia bekerja
sama, bergotong-royong dengan sesamanya memegang prinsip kesetaraan. Tidak akan
tercipta sebuah gotong-royong jika manusia terlalu percaya kepada keunggulan
diri dibanding yang lain, entah itu keunggulan ras, agama, suku, ekonomi dan
sebagainya.
Kepedulian Pelaku Bisnis Terhadap Etika
Korupsi,
kolusi dan nepotisme yang semakin meluas dimasyarakat yang sebelumnya hanya
ditingkat pusat dan sekarang meluas sampai ke daerah-daerah, dan maminjam
istilah guru bangsa yaknu Gus Dur, korupsi yang sebelumnya dibawah meja,
sekarang sampai kemeja-mejanya dikorupsi dalam bentuk moral hazarddikalangan
elit politik dan elit birokrasi. Hal ini mengindikasikan bahwa disebagian
masyarakat kita telah terjadi krisis moral dengan menghalalkan segala macam
cara untuk mencapai tujuan. Tetapi ini semua adalah pemahaman, implementasi dan
investasi etika dan nilai-nilai moral bagi para pelaku bisnis dan para elit
politik.
Dalam kaitan
dengan etika bisnis, terutama bisnis berbasis syariah, pemahaman para pelaku
usaha terhadap ekonomi syariah selama ini masih cenderung pada sisi “emosional”
saja dan terkadang mengkesampingkan konteks bisnis itu sendiri. Padahal segmen
pasar dari ekonomi syariah cukup luas, baik itu untuk usaha perbankan maupun
asuransi syarih.
Perkembangan Dalam Etika Bisnis
Berikut
adalah perkembangan etika bisnis:
1. Situasi
Dahulu
Pada awal
sejarah filsafat, Plato, Aristoteles dan filsuf-filsuf Yunani lain menyelidiki
bagaimana sebaiknya mengatur kehidupan manusia bersama dalam negara dan
membahas bagaimana kehidupan ekonomi dan kegiatan niaga harus diatur.
2. Masa
Peralihan tahun 1960-an
Ditandai
pemberontakan terhadap kuasa dan otoritas di Amerika Serikat, revolusi
mahasiswa (diibukota Perancis), penolakan terhadap establishment
(kemapanan). Hal ini memberi perhatian pada dunia pendidikan khususnya
manajemen, yaitu dengan menambahkan mata kuliah baru dalam kurikulum dengan
nama Bussines adn Society.
3. Etika
Bisnis Lahir di AS tahun 1970-an
Sejumlah
filsuf mulai terlibat dalam memikirkan masalah-masalah etis disekitar bisnis
dan etika bisnis dianggap sebagai suatu tanggapan tepat atas krisis moral yang
sedang meliputi dunia bisnis di AS.
4. Etika
Bisnis Meluas ke Eropa tahun 1980-an
Di Eropa
Barat, etika bisnis sebagai ilmu baru mulai berkembang kira-kiran 10 tahun
kemudian. Terdapat forum pertemuan antara akademi dari universitas serta
sekolah bisnis yang disebut European Business Ethics Network (EEBN).
5. Etika
Bisnis Menjadi Fenomena Global tahun 1990-an
Tidak
terbatas lagi pada dunia barat, etika bisnis sudah dikembangkan diseluruh
dunia. Telah didirikan International Society for Business, Economics
and Ethics (ISBEE) pada 25-28 Juli 1996 di Tokyo.
Etika Bisnis Dalam Akuntansi
Amerika
Serikat yang selama ini dianggap sebagai Negara super power dan juga kiblat
ilmu pengetahuan termasuk displin ilmu akuntansi harus menelan kepahitan.
Skandal bisnis yang terjadi seakan menghilangkan kepercayaan oleh para pelaku
bisnis dunia tentang praktik Good Corporate Governance di Amerika Serikat.
Banyak
perusahaan yang melakukan kecurangan diantaranya adalah TYCO yang diketahui
melakukan manipulasi data keuangan (tidak mencantumkan penurunan aset),
disamping melakukan penyelundupan pajak. Global Crossing termasuk salah satu
perusahaan terbesar telekomunikasi di Amerika Serikat dinyatakan bangkrut
setelah melakukan sejumlah investasi penuh resiko. Enron yang hancur berkeping
terdapat beberapa skandal bisnis yang menimpa perusahaan-perusahaan besar di
Amerika Serikat. Worldcom juga merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi
terbesar di Amerika Serikat melakukan manipulasi keuangan dengan menutupi
pengeluaran US$3.8 milyar untuk mengesankan pihaknya menuai keuntungan, padahal
kenyataannya rugi. Xerox Corp. diketahui memanipulasi laporan keuangan dengan
menerapkan standar akunting secara keliru sehingga pembukuan perusahaan
mencatat laba US $ 1.4 milyar selama 5 tahun. Dan masih banyak lagi.
Sumber:
http://khal25.wordpress.com/2013/01/24/perilaku-etika-dalam-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar